Minggu, 15 Juli 2012

Mengapa Shalat itu Disebut Tiang Agama?

Kita pasti sering mendengar kalimat hadits berikut: shalat itu adalah tiang agama. Pertanyaannya mengapa shalat itu disebut tiang agama? bukan syahadat, puasa, zakat atau haji yang menjadi tiang agama Islam ini?

Memang Wallahu a'lam bish shawab (dan Allah lah yang lebih maha tahu). Akan tetapi jawaban yang disampaikan Syeikh Muhammad Mutawalli Sya'rawi dalam kitab Tafsyir Sya'rawi jilid 8 ini barangkali dapat memberikan pemahaman kepada kita. Shalat merupakan kewajiban tetap yang berulang-ulang. shalat tidak boleh ditinggal oleh seorang muslim dalam keadaan apapun. Dalam shalat ada pengakuan dan kesaksian untuk beriman kepada Allah lima kali setiap hari.

Sebagaimana shalat juga mencakup puasa, karena kita shalat sebenarnya kita sedang berpuasa dari makan dan minum dan menahan hawa nafsu. Demikian pula kamu berpuasa dari tingkah laku yang membatalkan shalat. Kamu berpuasa dari kata-kata selain lafaz dan doa shalat. Jadi di dalam shalat ada nilai puasa dalam arti yang luas.

Dalam shalat ada juga zakat. Karena harta yang kamu peroleh dan kemudian dikeluarkan zakatnya merupakan hasil dari bekerja atau beraktivitas. Aktivitas atau bekerja merupakan bagian dari waktu. Dalam shalat kamu berkorban waktu itu sendiri. Seolah-olah zakat dalam shalat lebih kuat.

Demikian juga di dalam shalat ada terdapat haji. Karena kamu menghadap ke arah ka'bah dang menghadirkan ka'bah di dalam pikiranmu.

Demikianlah makna dan pemahaman dari shalat menjadi tiang agama. Siapa yang mendirikannya maka dia telah mendirikan agamanya. Siapa yang menghancurkannya, maka dia telah menghancurkan agamanya.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Ford Escape Titanium - Games - Titanium Arts
    Ford titanium ring Escape Titanium. Released in 1989 on SEGA Genesis, The Outcast titanium undertaker has titanium rod a history of titanium vs ceramic flat iron developing, selling, titanium nose hoop developing,

    BalasHapus